Keistimewaan Bulan Ramadhan

July 20th, 2012

keistimewaan bulan ramadhan - Ramadhan merupakan salah satu bulan yang sangat dinanti-nanti oleh umat islam karena memiliki beberapa keistimewaan. Keistimewaan - keistimewaan bulan ramadhan menjadikan bulan ini menjadi bulan yang sangat mulia dan merupakan bulan dimana Allah swt menurunkan Al Quran sebagai petunjuk umat Islam. Karena keistimewaan inilah bulan ramadhan dijadikan sebagai bulan yang lebih baik dari seribu bulan, subhanallah ... barang siapa yang menemui bulan ramadhan maka diwajibkan baginya berpuasa sebulan penuh.

Keistimewaan bulan ramadhan diantaranya :

  • Ramadhan adalah bulan dimana Al Quran diturunkan atau sering disebut Nuzulul Quran
  • Ramadhan adalah bulan dimana nabi Muhammad saw diutus sebagai rasul Allah
  • Ramadhan adalah bulan terjadinya malam lailatul qadar, yaitu satu malam yang lebih baik dari seribu bulan
  • Ramadhan adalah bulan dilipatgandakannya pahala wajib dan sunnah
  • Ramadhan adalah bulan syafaat, berkah dan ijabah

Rasulullah SAW bersabda “Wahai manusia sesungguhnya kamu akan dinaungi oleh bulan yang senantiasa besar lagi penuh keberkahan, yaitu bulan yang didalamnya ada bulan yang Allah telah menjadikan puasanya suatu kewajiban (fardhu) dan qiyam (berdiri shalat malam) dimalam harinya sebagai suatu thathawwu. Barangsiapa yang mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu pekerjaan kebajikan didalamnya, maka samalah dia dengan orang yang menunaikan suatu fardhu di bulan yang lain. Dan barangsiapa yang menunaikan suatu fardhu didalamnya, maka samalah dia dengan orang yang mengerjakan tujuh puluh fardhu di bulan yang lain. Ramadhan itu adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya surga” (HR.Ibnu Khuraimah)

Bahkan menurut sejarah, bulan ramadhan itu bulan yang dipenuhi dengan kemenangan-kemenangan besar yang diperoleh rasululah dan para sahabat. Sesuai dengan keistimewaan-keistimewaan yang merupakan ciri dan bulan Ramadhan serta rangkaian ibadah yang mesti dilakukan didalamnya.

Semoga dengan mengetahui keistimewaan bulan ramadhan menjadikan kita lebih bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam menjalankan puasa dan memperbanyak amal kebaikan di bulan ramadhan.

Entry Filed under: Hikmah

Leave a Comment

Required

Required, hidden

Some HTML allowed:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Recent Comments

RSS Coretan Terkini

Links