Membangun Aplikasi SMS Gateway untuk Perguruan Tinggi

August 13th, 2008

Penerapan TI, dalam membantu layanan dan operasional sehari-hari sudah bukan barang baru. Hampir semua perusahaan dan instansi pemerintah sudah menggunakan teknologi informasi ini untuk mempermudah dan meningkatkan pelayanan, tidak terkecuali juga di dunia pendidikan.
Perkembangan perguruan tinggi di Indonesia sekarang ini tidak terlepas dari peran teknologi informasi dalam membantu memajukannya, karena dengan adanya TI akan dapat mempercepat proses, mengurangi biaya, dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas.
Disamping perkembangan computer yang sudah memasuki era laptop/notebook, perkembangan handphone pun tidak kalah pesatnya. Hampir bisa dipastikan setiap mahasiswa, orang tua, dosen dan manajemen universitas memiliki handphone, karena HP sekarang ini sudah bukan barang mewah lagi, tukang becakpun memiliki HP.

Penggunaan HP yang semakin meluas maka akan mendukung perkembangan TI ke depan. Kombinasi antara computer dan HP menjadi hal yang sangat menarik untuk di terapkan, apalagi sekarang ini koneksifitas antara HP dan computer semakin mudah, dapat melalui kabel data, USB, Infrared, Bluetooth, dll. Kombinasi keduanya aka melahirkan sebuah layanan yang spektakuler. Bagaimana tidak setiap informasi yang ada diperguruan tinggi dapat didapat hanya dari layar HP, misalkan nilai, IPK, KHS, Informasi kuliah, Absensi, dll. Dengan adanya combine dua teknologi ini maka akan meningkatkan layanan dan kemudahan user dalam mengakses informasi di perguruan tinggi.
Bagaimana prinsip kerjanya ?
SMS Gateway merupakan perpaduan antara layanan telepon seluler dengan computer, dimana computer akan merespon secara otomatis setiap ada request perintah yang didapat via SMS, dan computer akan mengirim jawaban dari request via SMS. Namun disini perlu diperhatikan mengenai aturan dalam mengirim SMS agar computer dapat menterjemahkan apa yang di request.
Bayangkan dengan penerapan teknologi ini maka computer akan dapat menggantikan seorang customer service atau layanan akademik dengan kerja yang lebih cepat dan standby 24 jam non stop (kecuali kalau servernya mati atau pulsanya habis ).

Untuk mengembangkannya anda cukup punya satu komputer sebagai server, satu modem GSM atau HP yang memiliki modem. Cukup mudah bukan untuk membuatnya.

Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi-aplikasi yang opensource untuk melakukannya seperti dengan Gammu, sehingga hal ini semakin mempermudah dalam melakukannya.

Selamat mencoba …..

Entry Filed under: Teknologi

4 Comments Add your own

  • 1. rizki  |  August 14th, 2008 at 8:05 am

    Proyeekk trusssssssss

  • 2. rudi  |  September 19th, 2008 at 12:18 am

    mas klo bisa di kasi sample programnya,..

    biar mudah di mengerti gitu,...
    thanks,..

  • 3. mandez  |  February 26th, 2009 at 1:19 am

    bikinya g pake cor segala kan ms???he....he....
    maklum miskin iptek ms??!!

  • 4. andi  |  March 7th, 2009 at 9:47 am

    Bagi yang berminat dan tertarik dengan SMS Gateway dan bagaimana cara kerja serta membuat programnya dapat mengunjungi di situs PUSTAKA KITA.
    Disitu diulas lebih detail dari sesi 1 sampai dengan sesi 5.

    Salam Suksess ....

Leave a Comment

Required

Required, hidden

Some HTML allowed:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Recent Comments

RSS Coretan Terkini

Links