Penerapan CRM di Peguruan Tinggi

August 7th, 2008

Saat sekarang ini dunia pendidikan kita mengalami berbagai macam cobaan. Belum lagi karena semakin merosotnya mutu pendidikan dan banyaknya perguruan tinggi yang gulung tikar akibat tidak adanya mahasiswa. Memang semakin lama dirasa semakin susah untuk mencari mahasiswa karena tingkat persaingan yang semakin ketat dan masyarakat juga mulai pandai dalam memilih sekolah diantara banyak pilihan yang ada. Kesadaran akan arti pentingnya dalam mencari mahasiswa agar perguruan tinggi dapat bertahan menjadikan dasar yang sangat kuat untuk memperkuat layanan yang ada.

Semakin pentingnya layanan, sekarang ini banyak perguruan tinggi yang sudah mengadopsi IT untuk meningkatkan layanannya, dari mulai pencarian mahasiswa sampai proses belajar mengajar. Metode CRM (Customer Relationship Management) untuk mencari mahasiswa dan memberikan layanan kepada stake holder menjadi semakin penting.

Bagaimana pendapat Anda apa yang harus dilakukan perguruan tinggi dalam kaitan dengan CRM ? (Silahkan kasih komentar)

Entry Filed under: Celoteh

2 Comments Add your own

  • 1. heppy  |  January 23rd, 2009 at 9:40 am

    saya juga ingin tahu gmn mengkaitkan crm dengan dunia pendidikan.. apkh anda sdh menemukan jwbnnya???

  • 2. nina  |  March 3rd, 2009 at 11:44 am

    Klau gt Bagaimana cara menerapkan CRM di perguruan tinggi yang bergerak di bidang jasa? dan kalau pelanggannya bukan mahasiswa melainkan dosen itu sendiri.... gmn?????karyawan sebagai pelanggan juga????

Leave a Comment

Required

Required, hidden

Some HTML allowed:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Recent Comments

RSS Coretan Terkini

Links